LPPM IAIN Padangsidimpuan Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat Desa Binaan Tahun 2017 di 10 Lokasi Binaan

Padangsidimpuan –Desa Binaan IAIN Padangsidimpuan adalah salah satu program kegiatan Pengandian Masyarakat Desa Binaan tahun 2017, untuk peningkatan mutu SDM Masyarakat khususnya bidang Keagamaan.

Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Padangsidimpuan dalam Acara Monitoring Desa Binaan serta Penyerahan Penyuluh Desa Binaan.

Sambutan Ketua LPPM IAIN Padangsidimpuan

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Padangsidimpuan DR. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, menyebutkan “Melalui program ini kita harapkan ada pembinaan masyarakat dari bidang keagamaan, ekonomi kerakyatan, dan pembinaan sumber daya manusia. kegiatan ini dilaksanakan selama 5 bulan, dimulai 03 April 2017 hingga 31 Agustus 2017 di 10 (sepuluh) Desa lokasi Binaan IAIN Padangsidimpuan, diantaranya 3 lokasi di kawasan Kota Padangsidimpuan, 6 Lokasi di Kawasan Kabupaten Tapanuli Selatan, dan 1 Lokasi di Kec. Sosopan Kab. Padang Lawas, dengan memberikan materi Pendidikan Agama Islam, pengajian ilmu Agama, pelatihan Da’i kepada anak usia dini, remaja, dan orang tua. Adapun penyuluh yang diterjunkan ke Desa Binaan adalah penyuluh profesional keagamaan seperti al-Ustadz, para Da’i, dan para guru Madrasah, dan sebagainya.

Penampilan Anak-anak MDT desa Huta Godang dalam Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi dan Penyabutan Bulan Suci Ramadhan

Tujuan pelaksanaan program desa binaan tahun 2017 ini agar dapat Memotivasi masyarakat untuk meningkatkan perhatian dan kesungguhannya dalam membina kehidupan beragama dan mengupayakan pendidikan anak-anaknya; memperoleh bantuan pemikiran dan gagasan secara langsung dari penyuluh IAIN Padangsidimpuan untuk mampu meningkatkan sikap keswadayaan dalam rangka turut berpartisipasi aktif mendukung program pembangunan; Masyarakat dapat lebih memperdalam pengetahuan dan pemahamannya tentang ajaran agama sebagai petunjuk dan motivasi dalam kehidupan; memperoleh pemikiran dan pemahaman tentang pembentukan institusi-institusi keagamaan dan kemasyarakatan serta membangun kuantitas dan kualitas kegiatannya; Masyarakat dapat bekerjasama dengan penyuluh menggali dan mengembangkan potensi alam dan potensi sumber daya manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *