Kegiatan Workshop Guru Besar IAIN Padangsidmpuan

Parapat 5 Maret 2021 Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat IAIN Padangsdimpuan mengadakan Workshop Percepatan Guru Besar yang diadakan di Inna Parapat Hotel di Prapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara bertepatan pada tanggal 04 s.d 07 Maret 2021. Acara ini di ikuti 23 Dosen IAIN Padangsidimpuan  dan isi oleh 2 narasumber yaitu Prof. Dr. Shabri, S.E., M.Ec. dari Universitas Syah Kuala dan Prof Dr. Erman Munir, M.Sc dari Universitas Sumatera Utara.

Dalam pembukaan yang dilakukan pada hari kamis tanggal 04 Maret di buka langsung oleh Rektor IAIN Padangsdimpuan dan memberikan arahan serta pengalaman dalam mencapai jabatan sebagai Guru Besar sehingga kedepannya para dosen lebih matang dalam mempersiapkan Guru Besar serta menjadi kompeten dalam menulis sehingga dan dapat Publikasi Jurnal Ilmiah yang yang terakreditasi dan berputasi Scopus.

Materi yang disamapikan oleh Prof Shabri membahas tentang bagaimana Menulis dan Menterbitkan Artikel Ilmiah Bereputasi Jurnal Internasional serta kiat dan masalah dalam pencapain Guru Besar.  Dalam pennyampaian materi Prof Shabri juga mengupas artikel milik peserta workshop dari bidang kajian hingga cara penulisan yang tepat dalam artikel.  Dalam penyampain materi yang disampaikan professor untuk penulisan karya Ilmiah dalam jabatan akademik dosen jurnal dibedakan menjadi 4 yaitu jurnal Nasional, jurnal nasional Terakreditasi , jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Para pesrta juga saling sharing terhadap kerterkaitan artikel diman disetiap peserta diwajibkan mengerimkan artikel sebagai syarat mengikuti workshop guru besar.

Pada tanggal 06 maret 2021 materi yang diberikan lebih terkait konsep umum dalam mencapai guru besar serta angka kredit yang harus dicapai, yang disampaikan oleh  Prof Dr. Erman Munir, M.Sc. dimana professor menyampaikan Karya ilmiah merupakan syarat utama dalam menduduki jenjang  jabatan akademik, dan professor juga mennyampaikan karya penelitian ada hasil penelitian atau pemikiran yang dipublikasikan dan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Selain jurnal sebagai tempat publikasi, tapi kualitas dan Teknik penulisan artikel ilmiah merupakan parameter penting yang diperhatikan dalam penulisan.

 

Dan akhir dari sesi workshop adalah pertanyaan dari peserta terkait artikel, ataupun jenjag pencapain guru besar serta shering kepada narasumber untuk kedepannya untuk menulis bisa lebih baik. Dan Profesor juga mnyampaikan pesan dan pengelaman dalam pencapain kedudukan  jenjang akademik tertinggi.