PENYERAHAN BUKU HASIL PENELITIAN DOSEN KEPADA PIMPINAN LEMBAGA

LPPM SERAHKAN BUKU HASIL PENELITIAN DOSEN

KEPADA PIMPINAN LEMBAGA

Padangsidempuan, Selasa 22 September 2020. 

Berita Kapuslitpen

                  Gambar 1.  Penyerahan Buku Penelitian Dosen Kepada Rektor 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Dr. H. Zul Anwar Aim Harahap, M.A., didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Kapuslitpen) LPPM IAIN Padangsidimpuan, Eka Sustri Harida, M.Pd., menyerahkan 5 (lima)  terbitan Prenadamedia Group, 4 (empat) adalah hasil kerjasama dengan IAIN Padangsidimpuan Press kepada Rektor. Penyerahan buku dilakukan kepada pihak Rektorat yang diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag. dan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Perencanaan, Dr. Anhar, M.A. Penyerahan buku dilaksanakan di sela Rapat Kerja (Raker) anggaran pada saat pembahasan anggaran dana DIPA PNBP yang dianggarkan untuk LPPM. 

Rektor IAIN Padangsidimpuan, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyatakan apresiasi yang tinggi buat pada penulis, begitu juga buat LPPM IAIN Padangsidimpuan yang telah menggebrak sesuatu yang bisa memajukan Lembaga. Beliau berharap agar penerbitan buku ini akan semakin meningkat, bukan saja dari hasil penelitian, tetapi juga kajian konsep, maupun buku ajar.

“Semoga dosen-dosen akan semakin terpacu untuk menerbitkan buku, apalagi dengan adanya IAIN Padangsidimpuan Press ini, akan lebih memudahkan bagi para dosen untuk mencari Lembaga penerbitan. Buku yang diterbitkan hendaknya bukan saja dari hasil penelitian, tetapi juga dari berupa buku ajar, jurnal, diktat, dan lain sebagainya” Bapak Darwis Dasopang menimpali.  Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh penulis yang telah memberikan kontribusi buat Lembaga, dan kepada Prenadamedia Group atas Kerjasama yang telah berlangsung,  beliau berharap agar kerjasama yang telah terbina menjadi semakin di tingkatkan ke arah yang lebih maju. 

Ketua LPPM mengawali penyerahan buku tersebut dengan memberikan penjelasan “LPPM telah memiliki sebuah unit penerbitan, yakni IAIN Padangsidimpuan Press yang telah di SK-kan oleh Rektor pada pertengahan tahun 2020 yang lalu. Ada 4 (empat) peneliti yang menyerahkan kepada LPPM untuk  menerbitkan buku melalui IAIN Padangsidimpuan Press ini kerjasama dengan Prenadamedia Group. Kerjasama yang telah dibina dengan Prenada mulai tahun 2018 telah menghasilkan beberapa buku dari dosen-dosen di IAIN Padangsidimpuan, namun yang dilakukan atas Kerjasama dengan IAIN Padangsidimpuan Press mulai pada tahun 2020.” Kata Dr. Zul Anwar Ajim Harahap, M.Ag. Semoga kedepannya dari Lembaga penerbitan IAIN Padangsidimpuan Press ini akan banyak keluar buku-buku dosen yang berkualitas”, imbuh ketua LPPM. 

“Pusat penelitian dan penerbitan telah mengupayakan kegiatan yang mendukung kualitas dan kuantitas penulisan buku bagi pada dosen, hal ini dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti workshop penulisan buku, workshop penulisan buku dari hasil penelitian. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah dalam rangka memotivasi para dosen untuk menulis buku bagi para dosen, namun baru di tahun 2020 ini bisa diaplikasikan dalam kerja nyata bersama Prenadamedia Group.,” ujar Kapuslitpen. Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa “upaya dan motivasi terus dilakukan agar para dosen semakin termotivasi untuk menulis, saat ini ada 1 (satu) buku dari hasil pembelajaran pada masa pandemic Covid-19 yang sedang dalam proses editing oleh pihak Prenadamedia Group”. Semoga IAIN Padangsidimpuan Press bukan hanya sekedar nama, tetapi juga bisa membawa pembaharuan dan perkembangan untuk Lembaga. 

 

                                                           Gambar 2: Penyerahan dari Wakil Rektor kepada salah satu penulis

Penyerahan buku hasil Kerjasama Prenadamedia Grup dan IAIN Padangsidimpuan Press kepada salah satu penulis, Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag., dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Perencanaan, Dr. Anhar, M.A. Beliau mengharapkan agar penerbitan yang dikelola oleh LPPM akan menjadikan kampus IAIN Padangsidimpuan memiliki nama yang bisa diperhitungkan untuk menerbitkan baik buku-buku hasil karya dosen IAIN Padangsidimpuan, maupun dari penulis-penulis lainnya di luar institusi. 

Terima kasih disampaikan kepada para penulis Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag., Drs. H. Samsuddin Pulungan, M.Ag., dan Ahmatnijar, M.Ag. (Resolusi Konflik Lokal di Tapanuli), Dr. Magdalena, M.Ag., Dra. Asnah, M.A., Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag., dan Eka Sustri Harida, M.Pd. (Penguatan Karakter Bersih dan Jujur melalui Video), Dr. Lelya Hilda, M.Si., Dra. Rosimah Lubis, M.Pd., dan Dra. Replita, M.Si. (Biogas: Renewable Energy), dan Dr. Sholeh Fikri, M.A., Drs. H. Armyn Hasibuan, M.A., dan Maslina, M.A. (Pemberdayaan ekonomi mustahik melalui optimalisasi zakat mal dan zakat profesi) yang telah mempercayakan penerbitan buku hasil penelitiannya melalui IAIN Padangsidimpuan Press Kerjasama dengan Prenadamedia Grup. 

                                                                                             Gambar 3: Buku-Buku Hasil Terbitan
                                                                            IAIN Padangsidimpuan Press dan Prenadamedia Grup

Selain ke-4 buku tersebut, LPPM juga menyerahkan 2 buku lainnya dengan Judul *  Perkembangan Metode Penetapan Hukum Majelis Ulama Indonesia Pasca Reformasi karya Dr. H. Zul Anwar Ajim Harahap, M.A. yang diterbitkan oleh Prenadamedia Grup dan Kekerasan Pada  Anak Kajian Teoretis dan Empiris  karya Muhammad Syukri Pulungan, M.A.  yang diterbitkan oleh Penerbit Depublish Jogjakarta. Semoga akan menyusul buku-buku lain yang akan meningkatkan geliat literasi di kalangan civitas akademika IAIN Padangsidimpuan.

Buku–buku hasil penelitian tersebut akan didistribusikan ke perpustakaan, Fakultas-fakultas, Pascasarjana, dan Lembaga Penjaminan Mutu sebagai sosialisasi dari kepemilikan buku dosen di lingkungan IAIN Padangsidimpuan. Buku-buku hasil karya penelitian dosen tersebut juga telah dimuat secara online di web LPPM pada jendela Penelitian dan Penerbitan Online Book System IAIN Padangsidimpuan Press, dan dapat diakses laman online website LPPM IAIN Padangsidimpuan di http://lppm.iain-padangsidimpuan.ac.id/penerbitan-buku/.  

Selain ke – 6 buku tersebut, masih ada 3 (tiga) buku hasil penelitian lainnya yang akan diserahkan kepada unit-unit di atas, yakni buku dari hasil penelitian Dr. Hj. Asfiati, M.Pd., bu dari hasil karya penelitian Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, Ali Amran, M.Si., dan Dr. Zainal Harahap, M.Ag., dan buku dari Liah Rosdiani Nasution, M.A. Buku-buku tersebut juga akan menghias ruang literasi LPPM IAIN Padangsidimpuan.

Dengan adanya penelitian setiap tahunnya, dan kewajiban untuk menjadikan hasil penelitian menjadi buku tentunya jumlah buku hasil karya dosen IAIN Padangsidimpuan akan semakin meningkat. Dengan demikian geliat literasi menulis di LPPM akan semakin baik.

Catatan Kapuslitpen, 22 September 2020