Administrator Rumah Jurnal ikuti Undangan Kementerian Agama dalam Kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN di Bogor

Bogor, 27 April 2021. Sub Direktorat Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama mengadakan kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN. Kegiatan ini mengundang para Penanggungjawab/Aministrator Rumah jurnal di PTKIN, sebanyak 58 PTKI Negeri di undang untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Subdit Litapdimas Dirjen PTKIN mengundang para pengelola Rumah jurnal melalui nomor Surat B-1077/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/04/2021 tanggal 13 April 2021, berdasarkan surat undangan tersebut, maka Rektor IAIN Padangsidimpuan menugaskan administrator rumah Jurnal IAIN Padangsidimpuan melalui No. Surat B-782/In.14/A/B.2a/KP.01.2/04/2021 untuk menghadiri, menggali informasi dan untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan dan managerial Rumah Jurnal di Lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

Rembug para pengelola Rumah Jurnal ini dilaksanakan di Hotel Sahira Butik Bogor, Jalan Paledang No. 53, RT.03/RW.02, Paledang, Blog Gajah, Bogor, Jawa Barat, Senin – Rabu, 26 – 28 April 2021. Kegiatan Rembug Rumah Jurnal ini di buka oleh Kasubdit Penelitian, Publikasi dan Pengabdian masyarakat Dr. Suwendi, M.Ag (Analis Kebijakan Ahli Madya pada Subdirektorat Penelitian dan PKM), dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa “Dirjen PTKIN sudah menerbitkan Grand Desain PTKIN 5 tahun ke depan, ada lima isi dari Grand Desain tersebut termasuklah Pengembangan Publikasi Ilmiah/ Jurnal Ilmiah di lingkungan Kementerian Agama”. Para Administrator Rumah Jurnal harus menjadi lokomotif penggerak dalam peningkatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah pada masing-masing PTKI agar lebih cepat terakreditasi nasional maupun bereputasi Internasional. Subdit litapdimas berpesan bahwa dalam peningkatan reputasi perguruan tinggi, setiap satker seyogianya mendorong seluruh civitas akademika Perguruan tinggi mulai dari mahasiswa, Dosen, Struktural administratif agar berperan aktif dalam penulisan karya ilmiah berupa terpublisanya artikel hasil penelitian ke jurnal nasional maupun ke jurnal internasional bereputasi.

Kegiatan ini membahas beberapa anggenda yaitu: FGD Komite Rumah Jurnal PTKIN, Penilaian Angka Kredit Dosen dan Dampaknya terhadap Publikasi Ilmiah, Akselerasi Akreditasi dan Tata Kelola Jurnal Menuju Jurnal Bereputasi Internasional, dll. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam menyampaikan bahwa “Dengan Jurnal, kampus/lembaga akan makin terdengar, karya tulis kita akan terkenal dan bermanfaat bagi keilmuan, maka dari itu pengelolaan jurnal harus di tata dengan baik, karena mengelolaan jurnal tidak sama dengan mengelola pengelola aplikasi lain. Pengelolaan jurnal ini membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menghasilkan publikasi artikel ilmiah yang baik. Selain itu Direktur juga menambahkan bahwa dalam menjalankan Grand Desain, sesama PTKI harus duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Salam pengembangan dan pembinaan Jurnal.