Kegiatan LPPM di Awal Tahun 2022

LPPM Awali Tahun 2022 dengan Kegiatan Seminar Proposal Penelitian Mandiri

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) memulai awal tahun 2022 dengan melaksanakan kegiatan seminar proposal penelitian mandiri dosen. Kegiatan seminar ini dalam rangka menyahuti kebutuhan akademis dosen dalam rangka melaksanakan penelitian secara mandiri.

Proposal yang diseminarkan adalah milik dosen senior yang telah memasuki masa purna bhakti secara akademis, namun beliau masih memiliki jiwa dan semangat untuk mengembangkan dunia pendidikan dan keilmuan melalui penelitian yang dilakukan. Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. adalah dosen pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam yang akrab dengan sebutan dosen psikologi. Beliaulah yang menjadi sumber penyaji dalam seminar proposal yang digelar oleh LPPM bertempat di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan beliau atas kolaborasi dengan bapak Dr. Ahmad Nijar Rangkuti, S.Si., M.Pd.

Adapun topik yang diangkat berkaitan dengan kualitas guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bersertifikasi di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Beliau memiliki harapan agar guru-guru bersertifikasi telah melakukan tugas dan fungsinya selaku guru agama, sehingga dapat menciptakan generasi yang memiliki karakter keagamaan yang kuat. Sebagai pembahas dalam seminar proposal ini adalah Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. seorang Doktor jebolan UIN Sultan Thaha Jambi dengan keilmuan yang sesuai dengan pokok pembahasan proposal yang diseminarkan. Melalui masukan dan saran dari beliau diharapkan penelitian ini nanti bisa menghasilkan sebuah harapan yang telah tertuntaskan.

Kegiatan seminar proposal ini dihadiri oleh beberapa dosen FTIK dan personil LPPM dengan moderator kegiatan Sekretaris LPPM. Dalam memoderatori kegiatan seminar proposal penelitian ini, sdr. Ali Amran, M.Si., sekaligus menyelipkan harapan kepada peneliti agar dapat menuntaskan rencana penelitian ini menjadi sebuah hasil penelitian yang berbuah kepada artikel. “Di akhir masa jabatan, kami hantarkan bapak Drs, H. Agus Salim Daulay, M.Ag., melakukan penelitian untuk terakhir kalinya dalam masa pengabdian di IAIN Padangsidimpuan. Semoga penelitian ini tidak hanya menjadi proposal, tetapi menghasilkan artikel yang dimuat di jurnal ilmiah terakreditasi”, begitu imbuhnya.

Kegiatan seminar ini tentu telah mendapatkan persetujuan dari Ketua LPPM dan telah melalui prosedur yang pengajuan pelaksanaan seminar yang ditentukan di LPPM. Proposal yang diusung harus diupload ke web pendaftaran yang telah ditetapkan. Setelah mengikuti segala prosedur yang berlaku, seminar proposal dapat dilaksanakan, dan administrasi yang dibutuhkan dapat diberikan kepada dosen peneliti, pembahas, dan peserta seminar. Semoga pelaksanaan kegiatan seminar ini bermanfaat bagi banyak fihak.

Kegiatan ilmiah ini akan terus berlanjut dalam rangka memenuhi tuntutan akademis. LPPM siap mendukung kembang tumbuhnya IAIN menuju UIN Padangsidimpuan yang dicita-citakan, olehkarena itu geliat akademis akan terus diusahakan. IAIN Padangsidimpuan menuju UIN Padangsidimpuan yang lebih Cerdas Berintegritas dengan paradigma TeoAntropo-Ekosentrisnya akan terus maju bermartabat untuk pengembangan keilmuan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui LPPM.

Kapuslit, 7 Januari 2022.