PEMBERANGKATAN KULIAH KERJA LAPANGAN TAHUN 2021

Kamis (15/07/2021); Acara pemberangkatan yang digelar di gedung aula Ma’had Jamiah IAIN Padangsidimpuan diikuti antusias oleh peserta KKL XLVI. Mahasiswa yang diberangkatkan oleh IAIN pada tahun 2021 berjumlah 1502 Orang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua dan Kepala Lembaga, para Kabag dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

Dalam laporannya, Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, MA selaku Ketua Panitia melaporkan peserta KKL tahun ini berjumlah sebanyak 1502 orang, dengan Rincian pesertanya yakni, 670 Mahasiswa FTIK, 573 Mahasiswa FEBI, 131 Mahasiswa FASIH dan 126 Mahasiswa FDIK. Peserta KKL  akan disebarkan ke daerah yaitu Padang Lawas Utara (Paluta) dan Mandailing Natal (Madina). “Kepada Rektor yang diwakili oleh para Wakil Rektor, kami laporkan bahwa jumlah peserta (Kuliah Kerja Lapangan) KKL  XLVI tahun 2021 berjumlah 1502 orang mahasiswa, (1500 adalah mahasiswa yang semester berkenaan dan tambahan 1 orang dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan 1 orang lagi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang “belum” mengikuti KKL tahun lalu),” ungkap Sehat Sultoni Dalimunthe.

“Jumlah Desa pada pelaksanaan KKL tahun ini berjumlah 90 Desa, yang mana 50 desa di Mandailing Natal dan 40 Desa di Padanglawas Utara. Jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mendampingi mahasiswa sebanyak 45 dosen dengan membimbing 2 kelompok desa KKL. Terkait sebaran peserta, sebanyak 800 mahasiswa berlokasi di Kabupaten Madina (Kecamatan Muara Batang Gadis, Natal dan Batahan), sebanyak 702 mahasiswwa berlokasi di Kabupaten Paluta, Kecamatan Padang Bolak,” jelas Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat pada LP2M IAIN Padangsidimpuan ini.

Sementara itu, Dr. H. Zul Anwar Ajim Harahap, M. A (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat/LP2M IAIN Padangsidimpuan) memaparkan bahwa KKL ini merupakan bagian dari manifesto Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggunakan system Participatory Action Research (PAR).
Para Dosen dan mahasiswa serta masyarakat berperan aktif dalam menentukan dan melaksanakan program KKL. Terkhusus kepada mahasiswa peserta KKL, tetap jaga kesehatan dengan mematuhi protocol kesehatan (Prokes),” tegas Zul Anwar Ajim Harahap.

Acara pemberangkatan peserta KKL ini resmi dengan simbolis memakaikan topi KKL kepada utusan peserta oleh Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag (Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga) dan Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M. Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama). Dalam arahannya, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menekankan kembali kepada peserta agar tetap menjaga kesehatan dan juga menjaga nama baik IAIN Padangsidimpuan selama pelaksanaan kegiatan KKL tahun ini. Kemudian pesan beliau Jadilah anda sebagai pionir kebaikan, silahkan berinovasi dan berimprovisasi dengan memegang nilai-nilai kultur moral kemasyarakatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.