SOSIALISASI BANTUAN PENELITIAN BOPTN TAHUN 2022 OLEH LPPM IAIN PADANGSDIMPUAN

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Padangsidimpuan pada Hari Rabu, tanggal 6 Oktober 2021 melaksanakan kegiatan sosialisasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) tahun 2022. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom selama lebih kurang 2 (dua) jam, dengan tujuan memberikan informasi tentang kegiatan BOPTN tahun 2022 kepada para calon peneliti, baik yang berasal dari fungsional dosen maupun fungsional lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh personil LPPM, Ketua beserta Sekretaris LPPM, personil LPPM lainnya, serta lebih kurang 45 orang dosen dan fungsional lainnya.

Sosialisasi diawali dengan pengantar oleh Ketua LPPM Dr. H. Zul Anwar Azim Harahap, M.Ag., yang memberikan harapan dan motivasi untuk pengusulan proposal untuk BOPT N tahun 2022. Beliau berharap agar penelitian on going dan penelitian tahun 2021 bisa segera diselesaikan agar bisa kembali mengusulkan penelitian tahun 2022 yang seleksi proposalnya dilakukan H-1.

Selanjutnya sosialisasi BOPTN tahun 2022 oleh Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM, Eka Sustri Harida, M.Pd., yang memberikan gambaran umum tentang rencana pelaksanaan BOPTN tahun 2022. Sosialiasi kegiatan ini menyampaikan tentang proses pengajuan, jadwal, dan kluster bantuan yang diberikan pada tahun 2022. Adapun kluster penelitian yang diberikan pada tahun 2022 di IAIN Padangsidimpuan pada tahun 2022 ini berjumlah 7 klaster pada bantuan penelitian berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) dan 5 (lima) klaster pada klaster publiksai ilmiah, dan 3 (tiga) klaster pada klaster pengabdian kepada masayarakat. Apa yang disampaikan tersebut berdasarkan Petunjuk Teknis Bantuan Penelitian Berbasis SBK (Juknis No. 4743) dan Petunjuk Teknis Bantuan Litapdimas (Juknis No. 4744) Tahun Anggaran 2022.

Adapun klaster yang ditetapkan untuk penelitian adalah 1) Penelitian pembinaan kapasitas, 2) penelitian dasar program studi, 3) penelitian dasar interdisipliner, 4) penelitian terapan global/internasional, 5) penelitian terapan pengembangan  nasional, 6) penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi, dan 7) penelitian pengembangan pendidikan tinggi. Klaster publikasi ilmiah dengan klaster: 1) peningkatan kualitas jurnal internasional bereputasi, 2) peningkatan kualitas jurnal nasional  terakreditasi, 3) pendamping rumah jurnal, 4) penerbitan buku ajar, dan 5) penghargaan kategori penulis artikel di jurnal internasional bereputasi. Selanjutnya klaster pengabdian masyarakat yakni 1) pengabdian kepada masyarakat berbasis moderasi beragama, 2) pengabdian kepada masyarakat berbasis program studi, dan 3) pengabdian kepada masyarakat berbasis pesantren dan madrasah.

 

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan penjelasan teknis BOPTN, yang disampaikan oleh admin litapdimas IAIN Padangsidimpuan, Ardi Oktapian, S.Pd., yang memberikan penjelasan bagaimana proses pendaftaran, pengusulan bantuan, pengisian form fill-in, sampai pada proses kelengkapan pelaporan. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta kegiatan sosialisasi yang terlihat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini, dengan harapan mendapatkan bantuan penelitian tahun 2022.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal memberikan informasi bagi para calon peneliti tahun 2022. Dengan sosialisasi ini diharapkan para peneliti dapat memahami informasi terkait dengan penelitian 2022.

Dilaporkan:

Kapuslit.

Rabu, 6 Oktober 2021